Zakat Fitrah

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat Fitrah yaitu zakat yang sebab diwajibkanya adalah futhur ( terlepas dari bulan ramadhan ) dan disebut  juga sedekah fitrah.

Sobat Yatim, Hukum Zakat Fitrah Adalah Wajib atas setiap Muslim baik anak – anak, dewasa, laki – laki, perempuan, merdeka ataupun hamba sahaya.

“Rasulullah SAW telah memfardukan (mewajibkan) zakat fitrah satu sha’ tamar atau satu sha’ gandum atas hamba sahaya, orang merdeka, baik laki-laki maupun perempuan, baik kecil maupun tua dari kalangan kaum Muslim, dan beliau menyuru agar itu dikeluarkan sebelum masyarakat pergi ke tempat shalat Idul Fitri. (HR. Bukhari  Muslim).

 

Keterangan :1 Sho’ = ± 2.5 Kg

 

Bagaimana Membayar Zakat Fitrah dengan Harganya

Membayar zakat fitrah dengan harganya ada Ikhtilaf ( Perbedaan Pendapat ) dikalangan Ulama Fuqoha. Madzhab Syafi’I tidak memperbolehkan karena yang di wajibkan dalam hadist ialah sesuatu yang mengenyangkan. Sedangkan Madzhab Hanafi membolehkannya, karena zakat fitrah itu hak orang – orang miskin, untuk menutup hajat mereka, karena itu boleh dengan makanan boleh dengan uang (harganya )

.

CARA MENGHITUNG [RUMUS] ZAKAT FITRAH

  • Zakat Fitrah Perorang = 3,5 x harga beras di pasaran perliter. Contoh : Harga beras atau makanan pokok lokal yang biasa kita makan dan layak konsumsi di pasar rata-rata harganya Rp. 10.000,- maka zakat fitra yang harus dibayar setiap orang mampu adalah sebesar Rp. 35.000,-
  • Kalau menghitung dari segi berat pengalinya adalah 2,5 x harga beras atau bahan makanan pokok lokal perkilogram. Untuk di Indonesia sendiri , 1 sha’ itu disepakati seberat 2,5 Kg beras. Jadi apabila harga beras sekarang Rp 10.000,- maka perhitungan zakat fitrah nya adalah : 2,5 x 14.000 = 35.000,-

Dianjurkan pula untuk menggunakan harga konversi nilai beras yang biasa kita konsumsi sehari hari / yang lebih baik. Jangan sampai kita memberi beras yang mutu nya rendah dan dibawah kwalitas yang biasa kita makan sehari hari.

 

Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah

 

  1. Waktu yang diperolehkan yaitu dari awal Ramadhan sampai akhir Ramadhan
  2. WaktuWajib yaitu mulai terbenam matahari akhir Ramadhan
  3. Waktu yang lebih baik ( Sunat / Afdahal ) Yaitu sesudah sholat subuh sebelum pergi shalat ‘Ied
  4. Waktu Makruh yaitu membayar zakat fitrah sesudah shalat ‘Ied sebelum terbenam matahari di hari raya ‘Iedul Fitri
  5. Waktu Haram yaitu di bayar sesudah terbenam matahari di hari raya ‘Iedul Fitri

 

 

 

 

Posted in Artikel, Blog and tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *