Kisah Nabi Muhammad

Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh

Sahabat Pondok Yatim & Dhuafa (PYD) yang dirahmati Allah  Subhanahu wa Taala,

Muḥammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim adalah seorang nabi dan rasul bagi umat Islam, serta pembawa dan penyebar ajaran agama Islam di seluruh dunia. Seorang Nabi yang menjadi uswatun hasanah bagi umat islam saat ini.

Beliau memang seorang yang luar biasa. Ketika beliau lahir, berbagai macam fenomena terjadi.

Silsilah Nabi Muhammad

Mengenai silsilah keturunan Nabi Muhammad ShalallahuAlaihi Wassalam adalah sebagai berikut : Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihir bin Malik bin Nadhar bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.

Kelahiran Nabi Muhammad

Nabi Muhammad ShalallahuAlaihi Wassalam. dilahirkan di Mekkah pada tahun 570 M, yaitu pada tahun yang sama ketika Raja Abrahah dari Yaman melakukan penyerbuan ke Mekkah dengan maksud untuk menghancurkan Kakbah. Tahun tersebut juga dinamakan sebagai Tahun Gajah karena pasukan penyerang Raja Abrahah menggunakan gajah sebagai tunggangannya. Para ulama menyepakati bahwa tanggal lahir Nabi Muhammad ShalallahuAlaihi Wassalam. jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal.

Enam bulan sebelum dilahirkan, ayah Nabi Muhammad ShalallahuAlaihi Wassalam . yang bernama Abdullah wafat. Setelah dilahirkan, sesuai dengan tradisi bangsa Quraisy pada masa itu, Muhammad kecil kemudian diasuh dan disusui oleh Halimah binti Dzuaib As-Sa’diyah hingga beliau berumur dua tahun.

Nabi Muhammad ShalallahuAlaihi Wassalam di Usia anak – anak

Setelah selesai masa pengasuhan Halimah, ibunda sang nabi, yaitu Aminah, kembali menjemput dan membawa beliau ke Madinnah. nabi kemudian menjadi seorang yatim piatu saat dirinya berusia 6 tahun setelah ibu Nabi Muhammad ShalallahuAlaihi Wassalam. meninggal karena sakit.

Sahabat PYD yang dirahamati Allah Subhanahu wa Taala , Nabi Muhammad ShalallahuAlaihi Wassalam terlahir dalam keadaan yatim dan saat dirinya di usia 6 tahun ia di tinggal pergi oleh ibunya.

Sahabat PYD, Kencintaan Nabi Muhammad ShalallahuAlaihi Wassalam kepada manusia – manusia yang membantu dan mengurus kebutuhan  anak yatim berdekatan dengan nabi di dalam surga seperti jari telunjuk dan jari tengah. Rasululloh ShalallahuAlaihi Wassalam bersabda,

Dari Sahl bin Sa’ad r.a berkata: “Rasulullah ShalallahuAlaihi Wassalam bersabda: “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.”  ( HR. Bukhori )

Allah Subhanahu wa Taala berfirman, artinya,“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin….”

(QS. an-Nisa: 36).

Sahabat PYD yang dirahmati Allah Subhanahu wa Taala , membantu dan mengurus kebutuhan anak yatim adalah suatu hal yang sangat mulia dan seandainya terus menerus ini kita lakukan dalam hal berbuat kebaikan apalagi untuk anak – anak yatim dan dhuafa niscaya Allah akan menambah keberkahan dalam hidup kita.

Yuk Sahabat kita bantu mereka.

Posted in Blog, Kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *